Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mobil Listrik Baru Nissan, Harganya Nggak Sampai Rp 300 Juta

Mobil Listrik Baru Nissan, Harganya Nggak Sampai Rp 300 Juta

Nissan akhirnya mengungkap sosok mobil listrik mungil dengan banderol harga Rp 200 jutaan. Mobil listrik itu diberi nama Sakura yang merupakan bunga ikonik dari Jepang.

Nissan percaya diri Sakura bisa mengantarnya ke tingkat lebih tinggi. Dengan radius putar 4,8 meter memungkinkan pengendara bisa bermanuver di tempat yang sempit. Sakura memiliki dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm, dan jarak sumbu roda 2.495 mm. Bobotnya hanya 1.070-1.080 kg dengan kapasitas bagasi 107 liter.

Meski ukurannya mungil, Nissan mengklaim Sakura punya interior lapang dan jarak tempuh yang jauh sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari. Di dalam, Sakura mampu memuat empat orang di dalam.

"All New Sakura akan mengikut Leaf dan Ariya sebagai mobil listrik massal. Kami percaya akan menjadi gamechanger di pasar Jepang dan mudah diakses konsumen di Jepang," ungkap Nissan Executive Vice President Asako Hoshino dalam keterangan resminya.

Nissan Sakura mengusung motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 47 kW dan torsi 195 Nm. Sakura disebut mampu berakselerasi dengan cepat dan stabil. Teknologinya diambil dari pengembangan Leaf selama lebih dari satu dekade. Dengan begitu, Sakura memiliki tingkat kesunyian kabin yang sangat baik. Dalam pengujian yang dilakukan Nissan, Sakura memiliki jarak tempuh hingga 180 km.

Mobil listrik mungil itu memiliki tiga mode berkendara yakni Eco, Standar, dan Sport yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan. Menggunakan e-Pedal, pengendara bisa berakselerasi sekaligus deselerasi hanya dengan menginjak serta melepas pedal.

Rencananya Nissan Sakura bakal dipasarkan di Jepang pada musim panas ini. Sakura dijual mulai 1,78 juta yen atau setara Rp 204 jutaan bila mendapat subsidi kendaraan ramah lingkungan sebesar 550.000 yen yang kalau dirupiahkan sebesar Rp 63 jutaan.

Ada tiga varian Nissan Sakura yang ditawarkan di Jepang yakni S, X, dan G dengan harga ritel diperkirakan mulai 2.333.100 yen Rp 267 jutaan sampai yang tertinggi 2.940.300 yen yang setara Rp 337 jutaan.

Posting Komentar untuk "Mobil Listrik Baru Nissan, Harganya Nggak Sampai Rp 300 Juta"